Thursday, January 11, 2018

Tentang PKBM Gesit Tangsel


Apakah PKBM itu?
Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) adalah lembaga yang dibentuk oleh masyarakat untuk masyarakat yang bergerak dalam bidang pendidikan. PKBM Wong Sing Gesit (PKBM Gesit)  ini masih berada di bawah pengawasan dan bimbingan dari Dinas Pendidikan Nasional. PKBM ini bisa berupa tingkat desa ataupun kecamatan. untuk mendirikan PKBM bisa dari unsur apapun oleh siapapun yang tentunya telah memenuhi syarat-syarat kelembagaan antara lain : 1. Akta Notaris 2. NPWP 3. Susunan Badan pengurus 4. Sekretariat 5. Izin Operasional dari Dinas Pendidikan Kab/kota.

PKBM Gesit Tangsel 
Program kegiatan nya  antara lain :
  • Kejar Paket A
  • Kejar Paket B
  • Kejar Paket C
  • PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)
  • KBU (Kelompok Belajar Usaha)
  • KUPP (Kelompok Usaha Pemuda Produktif)
  • Pemberdayaan Perempuan
  • Keaksaraan Fungsional Dasar Dewasa
  • Taman Bacaan Masyarakat (Perpustakaan)


Tentang Program Pendidikan   Kesetaraan   Paket   C
Program     Pendidikan     Kesetaraan     Paket  C adalah layanan  pendidikan melalui jalur pendidikan nonformal yang ditujukan bagi masyarakat yang karena berbagai faktor  tidak dapat menyelesaikanpendidikannya   atau   putus   sekolah   di  tingkat   SMA/MA,   yang diselenggarakan  oleh  lembaga/organisasi  atau  satuan  pendidikan nonformal sehingga pada gilirannya lulusannya diharapkan memiliki pengetahuan,  keterampilan,  dan  sikap  yang  dinyatakan  dan  diakui setara dengan lulusan SMA/MA.

Lembaga/organisasi  atau  satuan  pendidikan  nonformal  sebagai penyelenggara program Pendidikan Kesetaraan Paket C (selanjutnya disebut  sebagai  lembaga  penyelenggara  program)  adalah  pusat kegiatan   belajar   masyarakat   (PKBM),   sanggar   kegiatan   belajar (SKB),  lembaga  kursus  dan  pelatihan,  kelompok  belajar,  rumah pintar,   dan   satuan   pendidikan   nonformal   sejenis   lainnya   yang  menyelenggarakan program Pendidikan Kesetaraan Paket C.

Tutor  adalah  pendidik  yang  memberikan  bimbingan  pada  peserta didik  dalam  proses  pembelajaran  program  Pendidikan  Kesetaraan Paket C sesuai dengan kompetensinya.
Nara sumber teknis adalah pelatih  yang memberikan pelatihan praktek keterampilan  pada  peserta  didik  dalam  proses  pelatihan  program Pendidikan Kesetaraan Paket C sesuai dengan kompetensinya. 

Peserta  didik  adalah  warga  masyarakat  yang  membutuhkan  dan mengikuti       proses  pembelajaran  program  Pendidikan  Kesetaraan Paket C.


Hasil yang Diharapkan Dari Sekolah Paket C
Hasil  yang  ingin  dicapai  pada  akhir  penyelenggaraan  program  Pendidikan  Kesetaraan Paket C ini adalah: 
  • tersedianya layanan pendidikan pada jalur pendidikan nonformal untuk menjaring anak-anak yang putus sekolah di tingkat SMA/SMK/MA untuk mensukseskan rintisan wajib belajar pendidikan menengah;
  • Peserta  didik  memiliki  pengetahuan,  keterampilan,  dan  sikap  yang diakui setara dengan lulusan SMA/MA;
  • Peserta    didik    memperoleh    dasar-dasar    kecakapan    hidup  yang bermanfaat untuk mencari nafkah atau berusaha sendiri;
  • Peserta didik memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang memungkinkan  lulusan  program  dapat  meningkatkan  pendidikannya ke   jenjang   yang   lebih tinggi,   atau   meningkatkan   kariernya   dalam  pekerjaannya.


Untuk informasi lebih lanjut tentang pendidikan kesetaraan sekolah Paket ABC, Biaya Paket C dan UNBK Ujian nasional berbasis Komputer silahkan hubungi kami:

PKBM Wong Sing Gesit
(PKBM Gesit) Tangsel
Komplek Perumahan Griya Jakarta Pamulang
Jln Menteng Raya Blok B 2 No 19 Ciputat Pamulang Tangsel
Banten
telpon/SMS/WA  Mis Yanti 083813960556

No comments:

Post a Comment