Ada tiga tipe guru (pendidik)

Berdasarkan pengamatan kami, ada tiga tipe guru (pendidik) yang akan kitajumpai, yakni :

a.       Guru Nyasar
b.      Guru Bayar,
c.       Guru Sadar

GURU  NYASAR 
mendeskripsikan kehidupan Guru yang tidak pernah dirasakan kehadirannya oleh anak didik. Ciri sederhana guru nyasar adalah bekerja bukan panggilan jiwa, bekerja hanya sekedar mengisi waktu luang dan menggugurkan kewajiban. Makna bekerja bagi guru nyasar hanya sebatas   melepaskan predikat  pengangguran.  Guru Nyasar sebenarnya adalah guru yang kehidupannya tersiksa, kegiatan belajar mengajar demikian menjenuhkan dan membosankan.  

Guru nyasar lebih banyak mengeluh setiap kali menemukan ketidaknyamanan dalam berjalannya proses pembelajaran. Jam dinding dikelas bergerak sedemikian lambat seakan baterainya hampir habis sehingga siswa didik adalah bagian dari beban dan masalah. Guru nyasar tidak peduli dan kurang memahami perkembangan anak didik, bahkan  jarang berkomunikasi dengan anak didik.  

Kehadiran guru nyasar bagaikan sosok JAILANGKUNG yang hadirnya tidak diundang dan pulangnya tidak diantar.  Anak didik tidak merasakan kesan mendalam kehadiran sang guru. Guru Nyasar   sedemikian susah beradaptasi dengan perubahan.  Minimalnya ada 5 sifat dasar yang bisa terlihat pada sosok guru nyasar , yaitu M4B ( Mengeluh, Menunda, Malas, Menyalahkan dan Banyak Alasan).  

Berikanlah tugas pada guru nyasar maka dia akan mengeluh, Ajaklah dia berbicara pada perubahan maka dia cenderung menunda, apabila terjadi ketidakberesan dalam hasil maka senjatanya adalah menyalahkan pihak lain sebagai kambing hitam, dan ketika mendapatkan nasehat maupun arahan tugas maka dia banyak beralasan sebagai upaya menolak tugas dan amanah baru.

Guru nyasar tidak akan pernah dirindukan apalagi menjadi idola kebanggaan siswa didik.  Guru nyasar harus segera sadar, kalau tidak sadar akan membuat anak didik kesasar.  Kalaupun sudah diingatkan dan tidak segera sadar, solusi terbaik adalah digantikan. 

GURU BAYAR
mendiskripsikan kehidupan seorang Guru  yang bekerja hanya sekedar memenuhi kebutuhan finansial.  Ada uang aku sayang, tidak ada uang aku melayang.  Guru bayar selalu mengukur segalanya dengan uang.  Pelajaran tambahan adalah UANG, tugas luar juga UANG, professional selalu diukur dengan uang.  Guru bayar pasti akan kecewa, karena tidak semua orang bisa memenuhi alur pikiran dan kebutuhannya.  Guru mendapatkan bayaran memang wajar, namun ketika hanya mau bekerja ekstra karena ada uang ekstra itulah yang membuat guru diperbudak UANG.   

Bagi guru bayar akan menderita sakit hati ketika orang lain yang mungkin secara keilmuwan biasa-biasa saja namun gajinya lebih besar dari dia.  

Ukuran penghargaan bagi guru bayar adalah seberapa besar uang yang dihasilkan. Guru sadar lebih sering menyimpan potensi terbaiknya dikarenakan tidak sepadan dengan uang yang diterimanya. Baginya potensi terbaik hanya muncukl ketika bayarannya juga terbaik.  Kalaupun guru bayar ini mampu melakukan potensi terbaik di level 9 dari range 1- 10, bisa jadi dia hanya melakukan kerja di level 6 dengan alas an dia hanya digaji di level 6. 

Guru bayar harus segera sadar, kalau tidak sadar akan menderita sakit luar dalam. Sakit kronis guru bayar adalah sakit SMS, yaitu Susah melihat oranbg lain Senang, Senang Melihat orang lain Susah. Akibatnya dia akan menderita sakit fisik karena lelah dan sakit psikis karena tidak ikhlas.

GURU SADAR
mendiskripsikan seorang guru yang menjalankan tugasnya dengan bahagia, ceria dan sepenuh jiwa. Guru sadar benar-benar tahu dan sadar bahwa Anak didik adalah amanah yang akan menjadi  investasi dunia dan kebahagiaan di akherat.  Guru tipe sadar mengetahui benar bagaimana perkembangan pendidikan anak didik,  Guru sadar senantiasa mendidik dengan cinta dan melayani sepenuh hati. Guru sadar adalah guru yang mampu mengoptimalkan kecerdasan emosi anak didik . Guru sadar memang membutuhkan uang untuk kehidupannya, namun guru sadar memahami bahwa uang adalah bagian dari efek positip  dari kerja yang profesianal   dia.  

Saya yakin Anda adalah GURU SADAR yang mampu mengajar dengan Dahsyat dan memikat.
  Ada bebarapa cara cerdas yang dapat dilakukan oleh guru sadar, sehingga mampu menjadi guru yang dirindukan, guru dahsyat berhati cahaya, sekaligus menjadi guru yang memikat dan dirindukan.

a.       Cara cerdas pertama,
PASTIKAN BAHWA ANDA ADALAH GURU YANG MENYENANGKAN. 

Itulah modal pertama guru sadar.  Secerdas apapun Anda, setinggi apapun Indeks prestasi Anda, namun kalau menurut siswa, Anda adalah sosok yang tidak menyenangkan, atau kata lain menjenuhkan maka secara tidak langsung Anda telah membuat tembok tebal yang membatasi kecerdasan Anda dengan kesiapan anak didik menerima ilmu Anda. Untuk menjadi guru yang menyenangkan Anda bisa memulainya dengan murah senyum, meyapa anak didik Anda dengan nama panggilannya, ungkapkan kabar bahagia, hargai prestasinya, tangkap basah kebaikannya   dan antusias sepanjang hari. Guru yang menyenangkan akan mampu membuat jam diding kelas sedemikian cepat bergerak sehingga tanpa terasa waktu telah habis.  Dia akan menginspirasi dan dirindukan oleh siswa didiknya.   Untuk cara cerdas pertama akan saya bahas lebih detail pada bab khusus dalam buku ini.

b.      Cara cerdas ke dua

PASTIKAN BAHWA SISWA DIDIK ANDA ADALAH ORANG PENTING BAGI ANDA, SEHINGGA ANDAPUN PENTING BAGI DIA.

Rasakan kehadirannya, maka diapun merasakan kehadiran Anda. Biasakan mengucapkan terima kasih kepada mereka atas kerjasama apapun yang ditunjukkan kepada Anda.  Ucapkan terimakasih atas baju rapi yang dipakainya, ucapkan terima kasih atas ketepatan waktunya, ucapkan terima kasih atas prestasi terbaiknya, ucapkan terima kasih atas PR yang dikerjakannya.  Ucapkan terimakasih atas keseriusannya belajar bersama Anda. 

Hapuskan kata mengeluh dan merendahkan diri didepan anak-anak.  Anda adalah guru tangguh yang pantang mengeluh bahkan menyalahkan didepan anak didik.  Ketahuilah nomor Hand Phone anak didimk Anda, adalah luar biasa ketika anda mengirim sms ketika dia tidak masuk sekolah dan menanyakan bagaimana keadaannya, adalah kebahagiaan ketika Anda mengirimkan ucapan selamat idul fitri kepadanya,   Lebih dahsayt lagi kalau Anda mengetahui hari ulang tahunnya, kemudian memanfaatkan momentum tersebut untuk mengirimkan sms ucapan dan nasehat positif  kepadanya. Kelihatannya biasa namun  lihatlah keajaiban yang terjadi dampaknya luar bisa.  Indah sekali kalau anak didik Anda merasakan dirinya ada dihatri Anda, maka Andapun akan tersimpan rapi dalam memori kebahagiaan didalam sejarah kehidupan anak didik Anda.

c.       Cara cerdas ketiga


PASTIKAN BAHWA ANDA ADALAH MOTIVATOR SEKALIGUS DINAMISATOR ANAK DIDIK ANDA
Mulailah dengan selalu menjaga kata positip, hindari perbandingan yang tidak adil dan buktikan bahwa apa yang anda katakan adalah sebagaimana yang Anda lakukan.  Buatlah sebuah kesan bahwa setiap murid Anda adalah penting.  Apapun yang keluar dari mulut Anda adalah mutiara SYURGA yang membuat murid Anda bergetar, salurkan energy positip (EPOS), berikan motivasi dan inspirasi.  Guru dahsyat dan memikat senantiasa memulai hari-harinya dengan sikap optimis, antusias, riang dan bahagia.

Setiap Anda  adalah guru sukses,  Guru dahsyat senantiasa berusaha menjadi bukti, bukan sekedar menunggu bukti, Guru Sukses senantiasa optimis dengan melihat peluang dalam masalah bukan melihat masalah dalam setiap peluang.
somber: http://tk-tarbiyatunnisaa.com/

Comments