Tentang Program Pendidikan Kesetaraan Paket C - PKBM


Keberhasilan pembangunan suatu bangsa sangat ditentukan oleh faktor sumber daya manusia. Pendidikan merupakan kebutuhan yang utama dalam pengembangan potensi diri menuju sumber daya manusia yang unggul.

 Tahun  2015,  terdapat  sekitar  68.219  orang  yang  menjadi  sasaran  Program  Paket  C.  Sasaran  tersebut  pada  umumnya  adalah  masyarakat  marginal  yang   karena   faktor   sosial   ekonomi  tidak   memiliki   kemampuan   untuk mengikuti   pendidikan  di  jalur  formal  atau  sekolah.  


Di  samping  itu  juga  mungkin  karena  faktor  geografis,  yang  bertempat tinggal  atau  bermukim  di  daerah-daerah  terpencil,  pulau-  pulau  kecil,  daerah  perbatasan,  atau  wilayah  lainnya  yang  sulit  dijangkau  dan  tidak  memperoleh  akses  layanan  pendidikan  formal.  sangat  mungkin  mereka  karena  sesuatu  hal  terpaksa  harus  putus  sekolah  atau  putus  lanjut  dari  bangku  sekolah.  
Dalam  rangka  memberikan  kesempatan  bagi  mereka  untuk  memperoleh  layanan   pendidikan   dasar   untuk   mendukung   wajib   belajar pemerintah menyelenggarakan program pendidikan kesetaraan Paket C Setara SMA/MA.



Untuk    menyamakan    persepsi    dalam    penyelenggaraan    program Pendidikan   Kesetaraan   Paket   C,   maka  dijelaskan beberapa pengertian, yaitu sebagai berikut:
  1. Program     Pendidikan     Kesetaraan     Paket  C adalah layanan  pendidikan melalui jalur pendidikan nonformal yang ditujukan bagi masyarakat yang karena berbagai faktor  tidak dapat menyelesaikanpendidikannya   atau   putus   sekolah   di  tingkat   SMA/MA,   yang diselenggarakan  oleh  lembaga/organisasi  atau  satuan  pendidikan nonformal sehingga pada gilirannya lulusannya diharapkan memiliki pengetahuan,  keterampilan,  dan  sikap  yang  dinyatakan  dan  diakui setara dengan lulusan SMA/MA.
  2. Lembaga/organisasi  atau  satuan  pendidikan  nonformal  sebagai penyelenggara program Pendidikan Kesetaraan Paket C (selanjutnya disebut  sebagai  lembaga  penyelenggara  program)  adalah  pusat kegiatan   belajar   masyarakat   (PKBM),   sanggar   kegiatan   belajar (SKB),  lembaga  kursus  dan  pelatihan,  kelompok  belajar,  rumah pintar,   dan   satuan   pendidikan   nonformal   sejenis   lainnya   yang  menyelenggarakan program Pendidikan Kesetaraan Paket C.
  3. Tutor  adalah  pendidik  yang  memberikan  bimbingan  pada  peserta didik  dalam  proses  pembelajaran  program  Pendidikan  Kesetaraan Paket C sesuai dengan kompetensinya.
  4. Nara sumber teknis adalah pelatih  yang memberikan pelatihan praktek keterampilan  pada  peserta  didik  dalam  proses  pelatihan  program Pendidikan Kesetaraan Paket C sesuai dengan kompetensinya. 
  5. Peserta  didik  adalah  warga  masyarakat  yang  membutuhkan  dan mengikuti       proses  pembelajaran  program  Pendidikan  Kesetaraan Paket C.


 Tujuan    Program

Penyelenggaraan program Pendidikan Kesetaraan Paket C dimaksudkan untuk memberikan layanan pendidikan kepada warga negara Indonesia yang karena berbagai faktor dan sebab  tidak dapat memperoleh layanan  pendidikan  setingkat  SMA/MA  pada  jalur  pendidikan  formal,  sehingga pada   akhir   pembelajaran   program   pendidikan   kesetaraan   Paket   C  diharapkan  peserta  didik  memiliki  pengetahuan,  keterampilan,  dan  sikap yang diakui setara dengan SMA/MA.

Penyelenggaraan program Pendidikan Kesetaraan Paket C bertujuan untuk:
  1. menyediakan layanan pendidikan pada jalur pendidikan nonformal untuk menjaring anak-anak yang putus sekolah di tingkat SMA/ MA untuk mensukseskan rintissan wajib belajar pendidikan menengah;
  2. meningkatkan  pengetahuan,  keterampilan,  dan  sikap  peserta  didik sehingga memiliki kemampuan yang setara dengan SMA/MA;
  3. membekali  dasar-dasar  kecakapan  hidup  yang  bermanfaat  untuk bekerja mencari nafkah atau berusaha mandiri;
  4. membekali pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik yang memungkinkan lulusan program dapat meningkatkan pendidikannya ke  jenjang  satuan  pendidikan  yang  lebih  tinggi,  atau  meningkatkan  kariernya dalam pekerjaannya.
Sasaran
Sasaran   penerima   manfaat   adalah   masyarakat,   dan   peserta didik  Pendidikan Kesetaraan Paket C.



Hasil yang Diharapkan

Hasil  yang  ingin  dicapai  pada  akhir  penyelenggaraan  program  Pendidikan  Kesetaraan Paket C ini adalah:
  1. tersedianya layanan pendidikan pada jalur pendidikan nonformal untuk menjaring anak-anak yang putus sekolah di tingkat SMA/SMK/MA untuk mensukseskan rintisan wajib belajar pendidikan menengah;
  2. Peserta  didik  memiliki  pengetahuan,  keterampilan,  dan  sikap  yang diakui setara dengan lulusan SMA/MA;
  3. Peserta    didik    memperoleh    dasar-dasar    kecakapan    hidup  yang bermanfaat untuk mencari nafkah atau berusaha sendiri;
  4. Peserta didik memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang memungkinkan  lulusan  program  dapat  meningkatkan  pendidikannya ke   jenjang   yang   lebih tinggi,   atau   meningkatkan   kariernya   dalam  pekerjaannya.

Comments