Wednesday, November 18, 2015

PKBM Insan Karya - Meningkatkan Kreatifitas Nasionalisme Anak Bangsa


Apa sih Nasionalisme ?
Nasionalisme dapat diartikan sebagai suatu paham yang menganggap kesetiaan tertinggi atas setiap pribadi harus disertakan kepada Negara kebangsaan atau sebagai sikap mental dan tingkah laku individu maupun masyarakat yang menunjukkan adanya loyalitas dan pengabdian yang tinggi terhadap bangsa dan negaranya.

Bukan keharusan mengerjakan apa yang dikerjakan oleh para pahlawan dan pejuang, tapi jiwanya yang harus di contoh. Jiwa kepahlawanannya yang harus senantiasa di pupuk dan dikembangkan karena dengan jiwa kepahlawanan, pembangunan di Negara kita dapat berjalan dengan sukses. Jiwa kepahlawanan akan berkembang menjadi nilai-nilai dan sifat kepribadian yang luhur, berjiwa besar, bertanggung jawab, berdedikasi, loyal, tangguh dan cinta terhadap sesama. Semua sigat ini sangat dibutuhkan untuk mendukung pembangunan di berbagai bidang.

(bpk. Eko.S - ketua PKBM Insan Karya)

Lantas seberapa tinggi kaum muda bangsa ini yang memiliki jiwa nasionalisme? Seberapa tinggi yang memahami jiwa kepahlawanan itu sendiri? Ketakutan akan jawaban yang sebenarnya, akhirnya saya merasa perlu untuk mulai mengetahui 

Tujuan saya adalah pembelajaran siswa-siswa ajar pada kerja kelompok yang akan memupuk rasa tanggung jawab dan kesadaran akan rasa kebangsaan dan kepahlawanan itu sendiri. Dan semoga bermanfaat dalam meningkatkan minat dan kesadaran anak-anak dan remaja sebagai kaum muda, generasi penerus bangsa pada rasa nasionalisme dan kepahlawanan itu sendiri. Mengajarkan proses dalam sebuah kerja kelompok yang mana harus mengenyampingkan sifat dan sikap ke-aku-an masing-masing.

 bersama Early AnwarPkbm Insan Karya dan ibu Ketua Yayasan ibu  Feb Amni  

Secara keseluruhan, acara Milad ke-4 Yayasan Insan Indonesia Berkarya dan PKBM Insan Karya yang di kemas dalam lomba menggambar dan mewarnai dengan tema “Meningkatkan Kreatifitas Nasionalisme Anak Bangsa” berjalan dengan baik. Memang masih banyak kekurangan di berbagai sisi, akan tetapi untuk sebuah pembelajaran bagi siswa ajar yang baru pertama kali terlibat dalam kerja kelompok prestasi ini sangat membanggakan. Kerjasama yang baikpun ditunjukkan oleh para panitia. Bahkan keringat yang mengecur tak lagi jadi beban saat kegiatan berlangsung. Para tamu undangan dan peserta juga mengikuti rangkaian acara dengan tertib. Sehingga acara dapat berjalan sesuai waktu yang di tentukan. 

Dengan adanya pelaksanaan kegiatan ini, semoga para panitia, peserta, tamu undangan dan pengurus Yayasan Insan Indonesia Berkarya serta tutor PKBM Insan Karya dapat bercermin pada usaha dan kerja keras yang gigih dan kreatifitas yang membanggakan ini. Mengulang kesuksesannya dan meminimalisir kesalahan yang ada.



Karena proses lebih membanggakan daripada hasil yang di dapatkan.

Salam PKBM
Ri Ri @InsanKarya

No comments:

Post a Comment